Satu Hari Tiga Museum

Ada peribahasa sekali dayung tiga pulau terlampaui. Artinya dalam melakukan satu kali kegiatan tetapi dapat menghasilkan beberapa hasil yang diinginkan. Mirip dengan arti peribahasa tersebut kami pernah melakukannya. Sekali bepergian dalam satu hari, kami dapat mengunjungi tiga buah museum di kota Yogya secara sekaligus.

Ceritanya terjadi pada waktu liburan semester saat masih kelas 6 SD dulu. Waktu itu sepupu saya Firman sedang menginap di rumahku. Pagi hari hanya bermain game di komputer. Kemudian sekitar jam 10an, bapak mengajak kami keluar. Dengan mengendarai motor kami berboncengan bertiga. Ternyata oleh bapak diajak untuk melihat museum-musem yang ada di kota kami.

Museum yang pertama kal dikunjungi adalah museum perjuangan Jenderal Soedirman. Museum ini terletak di jalan Bintaran Yogyakarta. Lokasi musium ini menempati rumah dinas beliau sewaktu jadi pimpinan tentara nasional indonesia saat jaman kemerdekaan. Cerita lengkapnya dapat dibaca di sini.

Patung Jenderal Soedirman di museum Sasmitaloka Yogyakarta

Patung Jenderal Soedirman di museum Sasmitaloka Yogyakarta


Setelah itu kami pindah ke musium biologi. Musium ini masih dekat dengan musium tadi. Pengelola musium ini yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Di sini kami dapat melihat berbagai koleksi hewan dan tumbuhan yang diawetkan. Ada juga rangka hewan, poster, foto hewan, dan berbagai koleksi biji-bijian. Cerita lengkapnya dapat dibaca di sini.

Di depan papan nama museum Biologi UGM Yogyakarta

Di depan papan nama museum Biologi UGM Yogyakarta

Perjalanan ini tetap belum berakhirm karnea setelah ini kami masih pergi ke museum bahari.  Museum ini terletak di Wirobrajan jadi dekat rumah. Di situ kami melihat berbagai peralatan kapal dan berbagai jenis senjata.  Ada juga gambar kapal, seragam, cinderamata dan lain-lain. Kami sempat juga menonton film tentng pendirian angkatan laut Indonesia di bisokop mini yang ada di sana. Cerita lengkapnya dapat dibaca di sini.

Di salah sudut museum bahari Yogyakarta

Di salah sudut museum bahari Yogyakarta

Saat selesai nonton bioskop kami pulang. Huh…. Capeknya bisa sehari dapat 3 museum.  Tapi senang juga telah berkunjung ke tiga museum tadi.

Iklan

2 comments on “Satu Hari Tiga Museum

  1. Ping-balik: Mengunjungi Museum Bahari Yogyakarta | Nurfajrian's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s