Mengunjungi Museum Bahari Yogyakarta

Setelah berkunjung ke museum Sasmitaloka dan museum Biologi, perjalanan masih diteruskan. Kali ini langsung menuju ke museum Bahari. Museum ini terletak di daerah Wirobrajan, jadi sudah dekat ke arah rumah kami.

Museum Bahari merupakan museum yang memiliki koleksi terkait dengan Angkatan Laut Republik Indonesia. Agak lucu juga sih, karena Yogya kan bukan kota di tepi laut tetapi malah memiliki museum tentang kelautan.

Museum ini didirikan pada tahun 2009.  Jadi bangunan yang digunakan juga bangunan berbentuk baru bukan bangunan kuno. Masih bagus dan bertingkat dua. Di belakangnya malah digunakan untuk hotel.

Di salah sudut museum bahari Yogyakarta

Di salah sudut museum bahari Yogyakarta



Mengisi buku tamu museum.

Mengisi buku tamu museum.


Kami datang ke sana terus diminta mengisi buku tamu. Per orang hanya dikenakan tiket masuk sebesar seribu rupiah. Setelah itu kami diarahkan untuk masuk ke gedung museum. Di situ banyak terdapat koleksi berbagai senjata, seragam tentara, medali, souvenir dan berbagai benda koleksi lain yang terkait dengan angkatan laut. Koleksi tadi dipajang dengan cukup baik di lantai satu dan lantai dua.

Selanjutnya kami keluar karena di bagian depat disajikan potongan kapal perang. Ada juga torpedo kapal perang yang cukup panjang. Ada juga alat radar untuk komunikasi dan memantau kapal di tengah laut. Kami berfoto-foto di depan alat-alat perang ini.

Ternyata di museum ini juga ada bioskop mininya. Waktu itu kami dipersilakan masuk untuk ikut menonton film yang ditayangkan. Filmnya tentang sejarah pendirian angkatan laut Indonesia. Sayangnya film yang diputar tidak cukup baik karena gambarnya agak buram.

Koleksi senjata dan tanda pangkat.

Koleksi senjata dan tanda pangkat.


Replika kapal perang.

Replika kapal perang.


Beberapa ranjau dan rudal perang.

Beberapa ranjau dan rudal perang.


Setelah selesai kami puas sekali dan segera pulang ke rumah. Tidak lupa kami sempatkan untuk minum es kelapa muda karena haus sekali. Tapi senang sekali perjalanan hari itu karena telah berkunjung sampai dapat tiga buah museum sekaligus.

Iklan

One comment on “Mengunjungi Museum Bahari Yogyakarta

  1. Ping-balik: Satu Hari Tiga Museum | Nurfajrian's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s